Sunday, December 1, 2013

Menentukan Umur Batuan

Penentuan Umur Batuan

Sobat geologi mari belajar bagaimana cara menentukan Umur Batuan?

Penentuan umur geologi tidak lepas dari dasar atau asa-asas penentuan umur staratigrafi yang di dapat melalui kajian fosil (paleontologi), unconformity, dan asas stratigrrafi.



Asas startigrafi konvensional menjelaskan sebagai berikut :
1. Uniformitarianis
2. Superposisi
3. Lateral continuity
4. Konsep original horizontal
5.Asas pemotongan

1). Prinsip Superposisi menyatakan bahwa lapisan (batuan sedimen) yang berada di bawah berumur lebihtua dibandingkan lapisan diatasnya dalam ururtan normal. Prinsip ini secara implisit menyatakan bahwa bidang perlapisan adalah bidang kesamaan waktu. Bidang perlapisan adalah permukaan pengendapan.

2). Prinsip lateral continuity menyatakan bahwa lapisan sedimen menerus secara lateral (sampai ke tepicekungan pengendapannya; dimana ia membaji). Penerusan atau penyusuran bidang perlapisan ataulapisan adalah lapisan yang meneruskan bidang kesamaan waktu atau merupakan dasar dari prinsipkorelasi stratigrafi. Perhentian kesinambungan lapisan terjadi oleh ;
•Pembajian
•Perubahan fasies (dimana perlapisan tetap menerus)
•Pemacungan karena erosi di bawah ketidakselarasan
•Adanya sesar

3). Konsep original horizontal atau Hukum datar asal menyatakan bahwa lapisan pada asalnya adalah diendapkan secara horizontal(mendatar).

4). Pada azas pemotongan, bagian yang dipotong/diterobos mempunyai umur yang lebih tua dibandingdengan dari bagian yang memotongnya/menerobosnya. Prinsip ini berlaku bagi geologi struktur.

Pada beberapa daerah , suatu struktur geologi dapat terpotong oleh struktur lainnya, seperti contoh: sesar naik cimandiri terpotong oleh sesar mendatar Cilampegan dan sesar mendatar Cibogo. Dalam kondisi demikian strukturr geologi yang dipotong mempunyai umur yang lebih tua dari yang memotongnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2012. Jemur - Posts · Comments
Powered by Blogger